Kesehatan

Cara Mengobati Wasir Dengan Kunyit

Cara Mengobati Wasir Dengan Kunyit

Benarkah bahan alami kunyit bisa bantu atasi wasir ? Mari kita simak, benarkah bisa ?

Memang Tuhan telah memberikan kekayaan alam yang melimpah. Termasuk bahan bahan dari alam. Indonesia jika kita masyarakatnya pandai memanfaatkan lahan dan kekayaan alam tentulah tidak akan terus menerus berpredikat sebagai negara berkembang. Hehehe maaf jadi melipir kesana.

Ya Indonesia dari dulu dikenal dengan tanahnya yang subur dan mampu menopang perekonomian bangsanya karena kekayaan alamnya. Berbagai jenis tumbuhan, bibit pangan bisa dengan mudah tumbuh di Tanah Air tercinta kita ini termasuk KUNYIT.

Kunyit yang bersumber dari wikipedia memiliki pengertian tanaman berbunga herba rhizomatous dari keluarga jahe, Zingiberaceae memiliki manfaat yang sangat banyak. Kerap digunakan sebagai bumbu dapur ternyata bisa juga digunakan sebagai jamu herbal obat penyakit wasir.

Wasir

Perubahan gaya hidup yang sering berubah semakin berjalannya waktu menyebabkanya munculnya berbagai macam keluhan seperti hemoroid. Hal tersebut faktor penyebabnya bisa karena stress, pekerjaan, asupan makanan yang kurang berserat, obesitas dll.

Namun anda jangan khawatir, seiring dengan berjalannya waktu produsen sudah cermat dalam memproduksi obat dengna memanfaatkan bahan bahan alami yang menjadi sumber daya alam Indonesia. Faktanya banyak yang memilih kunyit sebagai pengobatan wasir karena memiliki kandungan yang luar baik untuk sembuhkan wasir.

Ohya, Cek Disini Keterangan Lengkap Tentang Kunyit

Kandungan yang terdapat dalam kunyit antara lain :

Zat-zat kimia dalam rimpang kunyit antara lain :

  • Zat Warna Kurkuminoid yang merupakan senyawa diarilheptanoid 3-4% terdiri dari Curcumin, dihidrokurkumi, desmetoksikurkumin dan bisdesmetoksikurkumin.
  • Minyak Atsiri 2-5% terdiri dari seskuiterpen dan turunan fenilpropana turmeron
  • Arabinosa, fruktosa, pati, tanin dan juga dammar
  • Mineral yang terdiri dari magnesium besi, mangan, kalsium, natrium, kalium, timbal, seng, kobalt, alumunium dan bismuth

Manfaat kunyit yang bisa dirasakan adalah di bagian rimpangnya. Bagian rimpang kunyit memiliki sifat antikoagulan, antiedemik, menurunkan tekanan darah, obat malaria dan juga sebagai obat cacing lho bahkan bisa juga digunakan sebagai obat sakit perut, memperbanyak ASI, sebagai stimulan, mengobati keseleo, memar dan juga rematik. Kurkuminoid pada kunyit bersifat antihepatotoksik, antiendemik, dan analgesik.

Manfaat Kunyit Jika Ditinjau dari Kesehatan

Ternyata kunyit telah lama dimanfaatkan untuk kesehatan antara lain :

  • Osteoarthritis. Kunyit bisa bantu kurangi nyeri pada penderita osteoarthritis. Kondisi ini adalah kondisi saat sendi menglami nyeri, kaku dan kehilangan fungsinya. Dalam penelitian sebuah jurnal kunyit dinilai kinerjanya lebih bagus dari obat ibuprofen dalam mengatasi osteoarthritis. Cobalah konsumsi ekstrak kunyit dosis 500mg 2 kali sehari.
  • Kulit Gatal. Dalam sebuah penelitian temuan kulit gatal akibat penyakit ginjal bisa diatasi dengan mengkonsumsi kombinasi produk yang mengandung kurkumin dan juga ekstrak lada hitam atau cabe jamu.
  • Tukak Lambung dan Maag. Kunyit juga dipercaya bagus untuk mengatasi tukak lambung dan maag, penderita merasakan sensasi gejala berkurang saat mengkonsumsi bahan alami ini.
  • Keluhan Menstruasi. Kunyit digadang-gadang memiliki manfaat untuk mengatasi masalah menstruasi. Menurut penelitian, mengkonsumsi suplemen kunyit bisa bantu ringankan rasa sakit pasca menstruasi. Tetapi memang perlu adanya bahasan lebih lanjut mengenai hal ini.

Selain sebagai bumbu dapur ternyata manfaatnya juga bagus saat diolah kembali.

Cara Membuat Ramuan Untuk Wasir dengan Kunyit

Siapkan daun ungu, 12 gram daun duduk, 9 gram daun iler, 3 gram temulawak, 3 gram kunyit, dan 3 gram meniran. Dosis yang disarankan harus pas, karena dosis tersebut telah diuji khasiat dan keamanannya.

Masyarakat sebenarnya telah lama menggunakan daun ungu, daun duduk, daun iler yang dicampur sebagai pengobatan wasir.

Tahukah anda bahwa senyawa kimia yang ada pada daun ungu sangat bagus untuk pengobatan, kandungannya antara lain golongan flavonoid, leukoantosinin, antisianin, dan tanin.

Pada golongan flavonoid efeknya sangat bagus untuk menurunkan fungsi hiperpermeabilitas dan bantu tingkatkan elastisitas pembuluh darah, sehingga bisa bantu kurangi pendarahan. Pada daun iler memiliki komponen luar biasa dan berfungsi sebagai pengganti kortikosteroid dalam bantu kurangi iritasi dan rasa gatal penderita waisr.

Digunakannya kunyit dan temulawak juga meniran berfungsi untuk menjaga daya tahan tubuh. Khasiat meniran sebagai imunomudulator yang telah dibuktikan pada beberapa studi.

Manfaat Ramuan Kunyit

Bisa membantu mengurangi keluhan yang dirasakan seperti :

  • Pendarahan
  • Rasa Gatal
  • Konstipasi
  • Rasa Nyeri

Ramuan jamu efektif mengatasi hemoroid dan khasiatnya sebanding dengan obat pembanding serta aman untuk digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *